Detail Articles

Pengajian akbar Ki Joko Goro-Goro Sambut Maulud.

Pengajian akbar Ki Joko Goro-Goro Sambut Maulud.

Kabupaten Madiun-Dalam rangka memeringati datangnya bulan maulud, Desa Sukorejo Kedondong Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun mengadakan Pengajian Akbar dengan mendatangkan Mubaligh Kyai Haji Abdul Rokhim atau yang lebih di kenal dengan Ki Joko Goro-Goro dari Kota Demak.  Pengajian tersebut akan dilaksanakan hari ini mulai pukul 20.00 Wib hingga selesai di halaman Masjid Baitul Rohman Desa Sukorejo Kedondong Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun.

Menurut Penuturan Sudarmoko, salah seorang Panitia penyelenggara. Pengajian tersebut diadakan sebagai pembukaan dari sebuah tradisi grebeg Maulud yang sudah menjadi tradisi desa sejak lama. “Pengajian tersebut hanya sebagai pembuka saja dari semua prosesi Grebeg maulud yang sudah turun temurun dilaksanakan oleh masyarakat desa sini,” ujarnya.

Sodarmoko juga menceritakan bahwa masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam grebeg maulud yang puncak acaranya pada tanggal 5 Februari 2012 nanti. “Dalam Grebeg Maulud tanggal 5 februari nanti sudah banyak acara yang di persiapkan. Pada malam Maulud atau tanggal 4 Februari nanti akan di laksanakan Gebrung Khotaman Nabi, yaitu pembacaan pesan-pesan Nabi Muhammad SAW yang diambil dari kitab suci Al Qur’an. Sedangkan untuk tanggal 5 Februari atau tepat hari perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW akan dilaksanakan Sholawatan yang dibarengi Kirab gunungan yang terbuat dari Buah-buahan serta hasil bumi yang lain. Kemudian diakhiri bengan rebutan tumpeng Gunungan serta uang logam yang sengaja di sebar, setelah itu diadakan selamatan masal serta doa bersama di halaman masjid.

Adapun alasannya untuk mendatangkan Ki Joko Goro-goro Untuk acara pengajian umum nanti malam rencananya akan dihadiri oleh Bupati Madiun, H Muhtarom, Sodarmono mengungkapkan bahwa Karakter penyampaian pengajian yang biasanya di bawakan oleh Ki Joko Goro-goro memang cocok untuk masyarakat di daerahnya.

“Dalam Penyajian ceramah yang dilakukan oleh Ki Joko Goro-Goro keliatannya cocok dengan masyarakat disini, soalnya dalam penyajian ceramah Ki Joko Goro-Goro selalu menggunakan media wayang dan penduduk disini mayoritas juga suka dengan wayang, jadi ada imbangan dari segi agamais dan hiburannya,” ujarnya

Ketika ditanya mengenai soal dana untuk penyelenggaraan Grebeg Maulud, sodarmoko mengakui bahwa semua dana yang digunakan murni dari swadaya masyarakat desa dan sumbangan dari tokoh masyarakat yang sudah sukses

Sodarmono juga berharap bahwa kegiatan Grebeg Maulud yang sudah tradisi turun-temurun di desanya ini bisa mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Madiun dan bisa di masukan dalam salah satu Wisata di Kabupaten Madiun.


Keterangan Gambar :
Ki Joko Goro-Goro, Mubaligh asal Kota Demak yang akan mengisi pengajian di Desa Sukorejo kedondong Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun nanti malam


kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Advetorial Kita" Lainnya