Detail Articles

Warga Demo panitia Pilkades

Warga Demo panitia Pilkades

@dakita Kediri – Demo warga menuntut perubahan susunan panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) nyaris ricuh. Salah seorang massa yang emosi mengejar salah seorang anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) yang dianggap menjadi biang ketidakadilan.

Aksi demo ini berlangsung di Desa Mojosari, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri. ratusan wara yang tidak paus dengan penyusunan panitian pilkades mendatangi kanto balai desa setempat. Para warga tersebut menuntut di ubahnya susunan kepanitiaan pilkades. Warga menuntut, jika permintaan mereka tidak dikabulkan, maka mereka akan memboikot jalannya pilkades yang hendak dilangsungkan 30 Oktober mendatang.

Massa menilai, orang-orang yang duduk sebagai panitia pilkades didesa itu adalah orang-orang yang berpihak dapa inkamben yang saat ini mencalonkan kembali. Warga kawatir, jika nantinya pikades tetap dilangsungkan, maka panitia itu akan bertindak membela inkamben.

“ini jelas tidak adil, kami tidak pernah diajak bicara tentang pembentukan panitia Pilkades. Semua orang-orang yang duduk dikepanitiaan adalah orang-orang yag membela inkamben. Jaid pasti tidak akan netral. Maka kami meminta susunan panitia untuk diubah,” tuntut Masudi, saat berorasi. Kamis, (26/9)

Sementara, ketua BPD Desa Mojosari, Sukoyo bersih kuku menolak keinginan warga. Sukoyo beralasan, proses persiapan Pilkades yang sudah sangat dekat menjadi alasannya. Sukoyo menjelaskan, proses pemilihan panitia Pilkades sudah dilakukan sesia dengan mekanisme yangberlaku.

Menurut Sukoyo, warga yag tidak puas dengan susunan panitia itu dieprsilahkan untuk menyelesaikannya hingga ke pemerintah kabupaten. Sukoyo menjelaskan, mekanisme pemberhentian panitia tersebut tidak semudah sebagaimana yang diinginkan oleh warga.

“kita jelas keberatan jika panitia giubah lagi. masalahnya, proses persiapan pilkades sudah brlangsung. Waktunya juga sudah sangat dekat. Kalau memang tidak puas, ya silakan saja kalau mau mengadu ke pemerintah kabupaten. Lagi pula mengapa baru sekarang mereka mempermalahkan,” jelas Sukoyo. (ys)

Keterangan Gambar : Demo panitia Pilkades di Desa Mojosari, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri

kirim ke teman | versi cetak | Versi PDF

Berita "Daerah Kita" Lainnya